Pages

Sabtu, 15 Juli 2017

Contoh Hasil Kreasi Tangan Kerajinan Pulau Bali

Contoh Hasil Kreasi Tangan Kerajinan Pulau Bali - Bali merupakan kota dewata yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun manca negara. Pulau bali menyimpan kekayaan pariwisata alam yang sangat exotic yang mampu membuat pengunjung merasa takjub diantaranya adalah pantai, pegunungan, kerajinan dan kesenian khas pulau bali.

Kesenian dan kerajinan serta adat bali menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dari pulau dewata bali. Keterkaitan antara satu dan yang lainya merupakan wujud dari pariwisata lokal budaya indonesia yang tidak bisa di copy atau di tiru bangsa maupun tempat lain.

Nah, beberapa dari anda pastinya sudah pernah berlibur ke kota bali dan menikmati berbagai tempat wisata seperti pantai sanur, pantai kuta, pantai tanjung benoa, pantai pandawa, uluwatu, ubud, tanah lot dan berbagai wisata lainya. Selain wisata bali juga memiliki berbagai macam kerajinan yang unik dan menarik.



Apa saja kerajinan khas pulau bali ?

Berikut bisa anda simak beberapa kerajinan khas kota bali.



Seni Ukir Bali

Masyarakat Bali dikenal sangat identik dengan seni, salah satunya adalah seni ukir. Seni ukir bisa ditemukan dalam setiap sudut kehidupan masyarakat Bali dari hal kecil hingga urusan keagamaan. Sebut saja misalnya di Pura yang adalah tempat persembahyangan masyarakat Bali.

Di sini dengan mudah wisatawan dapat menemukan berbagai bentuk dan jenis serta fungsi dari setiap ukiran yang ada. Di rumah-rumah masyarakat pun pasti ditemukan ukiran-ukiran dari sederhana hingga yang kompleks.

Seni ukir pun tidak terbatas dalam satu media tetapi sangat beragam seperti, ukiran kayu, ukiran perak dan emas, ukiran bambu, ukiran batu, ukiran akar pohon, dan ukiran tulang. Semua jenis ukiran ini memiliki nilai tinggi dan telah terkenal hingga ke luar negeri.

Seni Patung


seni-patung-baliBali memiliki seni patung yang sangat indah dan dapat ditemukan dengan mudah menghiasi jalan-jalan besar di Bali. Salah satu patung terbesar dan terkenal adalah Patung GWK (Garuda Wisnu Kencana) yang telah menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di Bali.

Seni patung di Bali tidak hanya yang besar seperti yang menghiasi jalan, souvenir patung Bali pun banyak dijumpai di pasar-pasar seni tradisional. Mereka juga telah menjadi barang seni ekspor bernilai seni tinggi.

Daerah yang terkenal sebagai tujuan wisata pasar seni di Bali berada di Sukawati – Gianyar. Di sana dengan mudah wisatawan dapat melihat-lihat karya patung Bali yang indah. Di sana juga dapat dilihat bagaiman para pengrajin membuat patung-patung khas Bali.


Seni Topeng


topeng-khas-baliDi Bali topeng identik dengan nilai spiritual dan dipentaskan dalam upacara agama. Diantara banyak topeng yang ada yang terkenal adalah Barong dan Rangda Bali sehingga topeng ini dijadikan gambar pada baju oleh-oleh khas Bali.

Disamping untuk dipentaskan dalam upacara agama masyarakat Bali juga memproduksi topeng-topeng souvenir yang bisa dijadikan hiasan rumah. Para pengerajin topeng di Bali dapat menghias atau melukis wajah topeng dengan sangat luar biasa sehingga terlihat seperti topeng tersebut hidup dan memiliki perasaan.

Mungkin kalian lebih sering melihat topeng-topeng khas Bali yang menyeramkan, namun sebenarnya ada banyak jenis topeng yang cantik-cantik. Ada topeng Putri Bali yang sangat cantik, ada topeng pangeran dan masih banyak lagi.


Seni Lukisan dan Lukisan Kamasan


lukisan-kamasanLukisan Bali memiliki pakem khas yang mudah dikenali sebagai lukisan dari Bali. Biasanya lukisan Bali mengambil tema pemandangan, burung, wanita menari, dan wayang. Namun, sekarang ini sesuai dengan perkembangan zaman seni lukis di Bali pun ikut berkembang. Sekarang tema dan paduan warna yang digunakan lebih kaya dan terkesan modern.

Bahkan telah muncul jenis lukisan yang hanya ada di Bali seperti seni lukis jaring. Seni lukis ini menggunakan kanvas seperti biasa tetapi ditempelkan jaring ikan kemudian di lukis.

seni-lukis-baliLukisan khas Bali yang paling digemari dan sering muncul di film-film hollywood adalah Lukisan Kamasan. Lukisan ini bertema pewayangan dan memiliki alur cerita ynag diambil dari cerita pewayangan. Warna yang digunakan sederhana dan mencolok sehingga terkesan indah dan menegaskan cerita yang ingin ditampilkan.

Seni Kain Tenun


Ada banyak sekali jenis kain tenun Bali, diantaranya: Kain Tenun Endek, Cepuk, Songket, Endek, kain lukis, dan rangrang. Semua jenis ini masih dibuat manual oleh masyarakat Bali dengan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM).

Untuk menghasilkan satu kain tenun yang indah dan berkualitas terkadang membutuhkan waktu berhari-hari hinga bulanan sehingga wajar jika kain tenun Bali berharga mahal.

Selain berkualitas kain tenun Bali juga menampilkan keindahan budaya Bali yang ditunjukkan oleh corak atau pola yang ada di kain tenun Bali. Kini kain tenun Bali telah banyak perancang busana membuat busana-busana yang indah dari kain ini.




0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Bali Gift Asesoris. All Rights Reserved. Powered by Blogger